Dampak Positif dan Negatif Anime




Kurihane - Pada kali ini saya akan mengshare info buat kalian dampak positif dan negatifnya dari Anime Langsung saja Gan nih

Dampak Positif 

1. Mengajarkan untuk makan sehat
Rata-rata tokoh anime, suka makan banyak hal ini dimaksudkan untuk mendidik generasi muda agar mau makan secara sehat. Kebanyakkan zaman sekarangkan anak-anak males tuh makan sayur-sayuran atau buah-buahan. Yang remajanya juga kadang-kadang mau ngemil doang.Pada dasarnya yang mengidolakan akan mau mengikuti kebiasaan yang diidolakannya. Kalau tokoh utama makan banyak secara sehat, mudah-mudahan yangmengidolakan juga mau mengikuti kebiasaaan makansecara sehat.

2. Pentingnya Berlatih Keras
Berlatih keras untuk meraih cita-cita. Makan itu bermaksud untuk mendapatkan tenaga. Dan tenaga dimaksudkan untuk berusaha, bekerja, berlatih, dan lain sebagainya. Untuk meraih cita-cita, tidak hanya dibutuhkan doa, tapi juga usaha yang gigih.Di setiap anime, tokoh anime pada umumnya harus berusaha keras untuk mencapai seperti apa yang diharapkannya. Mereka selalu gagal, tapi mereka mencoba untuk bangkit kembali. (contoh : Naruto, Luffy, Natsu, dll)Semangat seperti inilah yang harus ditiru.

3. Menjadi Inspirasi Bagi Setiap Orang
Fans anime selalu merasa terinspirasi (mendapatkan ide) ketika menonton anime atau membaca Manga (sebutan untuk komik jepang). Entah itu Fashion Style atau watak-watak khusus anime, sedikit banyak akan ditiru oleh fans-nya.*Fashion Style:Di anime apapun, kostum yang mereka gunakan keren-keren semua. Ujung-ujungnya muncullah Cosplay (Sebutan untuk orang yang berpenampilan bagaikan anime). Dan bahkan berbagai aksesoris di anime dijual. Merasa bangga sekali jika kita bisa memakainya. Selain cosplay, penampilan sehari-hari tak lepas dari fashion anime.Entah itu berpenampilan menyerupai anime atau hanya sekedar menggunakan baju yang bermotif anime/mengandung unsur-unsur anime atau menggunakan aksesoris anime.
*Watak-watak Khusus anime
Secara jujur, saya juga mendapat inspirasi untuk bahan postingan blog dari menonton anime atau mendengar lagu anime. Selain itu, saya juga ingin menjadi Light Yagami. Seorang siswa yang amat jenius. Karena desakan hasrat untuk menjadi seperti karakter di anime, akhirnya sekarang saya rajin belajar. Moga-moga saja bisa pintar mirip Yagami. Saya yakin kamu juga pasti punya pendapat lain tentang arti dari Menjadi Inspirasi Bagi Setiap Orang.Apakah anime memberikaninspirasi kepada anda? Inspirasi apa yang anda dapatkan?

4. Mengajarkan Arti Kehidupan Yang Sesungguhnya
Babak-babak yang paling kutunggu saat nonton animeadalah ketika kata-kata mutiara / kata bijak yang langsung melesat keluar dari kedua bibirnya [Rocket Kali]. Anime tidak hanya sebagai hiburan belaka, tapi juga mengajarkan arti kehidupan yang sesungguhnya.

5. Secara Tak Langsung Memberikan Pesan Moral
Salah satu dampak positif dari dari nonton anime adalah Selain menghibur, kita juga dapat pesan moral. Coba bandingkan dengan sinetron Indonesia. Udah bikin kesal, eh yang ada mah pesan moral yang jelek. Masa sih karakter utamanya lemah?(khusus sinetron yang ceritanya ada pesta tangis-menagis).Trus klo gak ada karakter yang tugasnya ngerebut harta warisan, rasanya ada yang kurang. Owh produser dan sutradara yang di Indonesia {merintih memohon}, kapan mau maju klo dari jaman dulu untill now ceritanya itu-itu aja [Ha~h, lega diriku setelah ngomel-ngomel].

6. Mengajarkan kekuatan sebuah impian, harapan, keinginan
Kebanyakkan orang takut bermimpi. Contohnya, setiap dia punya impian (ingin punya apa, pergi ke mana, denga siapa) dia perlahan menguburnya dalam-dalam. Menyalahkan keadaan, umur, ini-itulah. Gimana mau menggapai mimpi yang digantung di langit kalau naik pesawat aja takut [artinya: klo membayangkan impian aja takut(artinya yakin bahwa tidak akan tercapai), gimana mau mencapai impian?]Hal yang paling aku suka ketika menonton anime adalah (selain Opening dan Endingnya), saat seorang karakter di anime mengucapkan impiannya, dia akan menyatakannya dengan BANGGA. Meskipun kadang ada orang yang tak mendukungnya atau menertawakannya. Aku ingin punya semangat kuat seperti di anime.

7. Mengajarkan arti dari persahabatan
Kita tidak bisa hidup sendiri, kita memerlukan seseorang yang bisa dipercaya. Seseorang yang akan berbagi kebahagiaan, meghilangkan kesedihan, mendukung ketika kita lemah, menceritakan hal-hal jenaka yang membuat kita tertawa, berbagi sekeping roti, mendengarkan masalah kita, dan di setiap anime arti dari persahabatan itu bermacam-macam. Tergantung setiap individu yang menilai anime itu seperti tujuannya apa.Apakah hanya untuk hiburanbelaka, atau sekedar ntah lah aku juga bingung 

8. Menyadari indahnya perbedaan
Tak perlu dipungkiri, keunikkan dan betapa kerennya anime disebabkan oleh beragamnya warna-warna rambut, penampilan yang unik, watak yang berbeda, dan lain-lain. Tapi sebenarnya, bukan itu yang mau kita bahas.Setiap manusia memiliki kisah hidup yang berbeda, begitu pula anime. Ada anime yang bertemakan horror, Adventure, Mecha, School Days, Sports, dll.Dalam kehidupan kita bertemu banyak orang yangsikapnya angkuh, sombong, dermawan, humoris, dll.Begitu Pula anime. Dengan adanya perbedaan itu para mangaka (Pengarang Manga) ingin menyampaikan satu hal: Jika hidup ini tidak ada yang berbeda, maka segalanya akan tampak mebosankan. Cerita hidup yang berbeda, akan indah sekali jika disampaikan dan dikemas dengan sesuatu yang fresh.
Dampak Negatif 

1. Ketergantungan,seakan menjadikan manga & anime itu sbg suatu kebutuhan dalam hidup yang harus dipenuhi.

 
2. Seseorang yang menyukai anime & manga menyebabkan seseorang tersebut sering berkhayal,menganggap bahwa tokoh-tokoh yang ada di dalamnya hidup dan membayangkan dirinya berada dalam cerita dan menjadi salah satu tokoh disana.

 3. Bagi sebagian orang membuat malas melakukan segala aktivitas.

 
4. Sangat berpengaruh dalam hal bersosialisasi,biasanya orang yang sangat menggemari anime dan manga[otaku atau otome]akan sulit bersosialisasi kecuali dengan orang-orang yang sama-sama mempunyai hobi yg sama dengannya,yaitu menonton anime dan manga.

 
5. orang yang sudah menjadi otaku lebih senang diam dirumah menonton anime/baca manga,dan menolak bepergian karena tak suka keramaian dan faktor sulit bersosialisasi.

 
6. Karena mengenal kebudayaan/adat isiadat Jepang dari anime & manga maka mereka sebagian besar lebih mencintai budaya Jepang daerah asal anime & manga tersebut,daripada indonesia negaranya sendiri.

 
7. Budaya dari luar tentu ada yang tak sesuai dg budaya di negara kita,ada yang baik dan malah ada yang buruk,karena mengenal dari anime & manga mengenai budaya Jepang maka tidak menutup kemungkinan budaya nya ditiru bahkan sampai yang dinilai di negara kita buruk. 

8. Bagi orang yg sudah menjadi otaku,sebagian apatis terhadap keadaan sekitar bahkan masa depannya.Yang selalu memenuhi fikirannya hanya kesenangannya saat menonton anime & manga.
 

9. Hanya tertarik pada apa-apa yang berbau anime dan Jepang

Itulah Dampak Positif & Negatif Anime. Ya intinya kita boleh menyukai Anime sesuka kita tapi jangan berlebihan diatur juga yaa
Sekian dan Terimakasih

Muhammad Fajar Yasin

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Posting Komentar